Selamat Datang Di Ilmu Pertanian Semoga Bermanfaat

Wednesday, November 20, 2013

Cara Menyemai Bibit Buah Melon Agar Cepat Tumbuh


Melon adalah tanaman buah yang berasal dari keluarga familia cucurbitae. Melon dibawa columbus ke Amerika sekitar abad ke 14, hingga akhirnya melon tersebar keseluruh dunia, terutama di daerah yang tropis serta sub tropis seperti Indonesia. Karena mudah dalam beradaptasi serta bisa di tanam pada dataran tinggi dan rendah. Budidaya melon akan menghasilkan kualitas yang baik, tergantung dari : ketekunan, kesabaran, keuletan dan modal yang tersedia, sebab melon memerlukan perawatan yang khusus sesuai dengan selera konsumen. Buah melon juga dimanfaatkan sebagai buah dengan kandungan vitamin tinggi jadi sangat baik untuk kesehatan tubuh anda dan keluarga di rumah. berikut cara menyemai bibit buah melon :

1. Persemaian benih

A. Waktu dan cara penyemaian

  • Bibit yang akan disemai terlebih dulu direndam di dalam air selama 2 s/d 4 jam. Kemudian bibit disemaikan ke dalam plastik yang sudah diisi dengan campuran tanah dan pupuk kandang dengan takaran ( 5 : 1 )
  • Benih ditanam dengan posisi tegak lurus serta ujung calon akarnya harus menghadap ke bawah, lalu ditutup dengan menggunakan campuran tanah dan abu sekam. Takaran ( 2 : 1 )
  • Untuk merangsang pertumbuhan kecambah benih, anda dapat menciptakan suasana yang hangat yaitu dengan menutup permukaan dari persemaian tersebut menggunakan karung goni basah. Jika kecambah sudah muncul pada permukaan media tanam semai, maka karung goni bisa segera dibuka ( biasanya pada hari ke 3 sampai ke 4 )

B. Pembuatan media semai 

  • Pembuatan media tanam semai dapat dengan mencampurkan pupuk kandang, tanah dan pasir dengan takaran ( 1 : 1 : 1 )
  • Pemeliharaan persemaian = benih yang disemai di dalam polybag akan tumbuh dan menjadi calon benih, sehingga haruslah dirawat supaya menjadi benih melon yang kokoh dan sehat.

Waktu dan cara penyiraman

  1. Benih disiram setiap hari, untuk penyiraman gunakan tangki semprot. Jika daun sejati sudah muncul, baru lakukan penyiraman dengan menggunakan gembor.
  2. Saat musim panas, tanah di dalam polybag akan kering, dengan demikian penyiraman harus dilaksanakan pada sore hari.


2. Pemupukan pada persemaian

  1. Gunakan kandungan nitrogen tinggi, ketika benih sudah berusia 7 sampai 9 hari sesudah sebar, dengan takaran 1 s/d 1,5 gram per liter air. Pemberian cukup dilakukan 1 kali.
  2. Pupuk akar tidak dibutuhkan sebab media semai sudah cukup subur.

No comments:

Post a Comment